Artikel direview oleh dr. Nelandriani Yudapratiwi, SpM

Penggunaan perangkat digital seperti komputer, smartphone, dan tablet telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari, terutama di era digital saat ini. 

Meskipun perangkat ini memudahkan dalam bekerja dan berkomunikasi, penggunaan yang berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan mata. 

Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata sangat penting untuk mencegah berbagai masalah mata di masa depan. Caranya bagaimana? Baca artikel ini sampai selesai!

7 Tips Jaga Kesehatan Mata dan Terhindar 

Penggunaan perangkat digital yang berlebihan dapat menyebabkan Digital Eye Strain (DES) atau sindrom kelelahan mata digital. Gejala-gejala DES meliputi mata kering, kelelahan mata, penglihatan kabur, dan sakit kepala. 

Berdasarkan survei yang pernah ditayangkan di situs All About Vision, ada lebih dari 59% pengguna komputer mengalami gejala DES. Apakah Anda salah satunya? Kalau iya, mulai sekarang mari jaga kesehatan mata dengan langkah-langkah berikut:

1. Mengatur Jarak dan Posisi Layar

Mengatur jarak dan posisi layar komputer dengan benar sangat penting untuk mengurangi ketegangan mata. Layar komputer harus ditempatkan sekitar 20-24 inch (sekitar 50-60 cm) dari mata Anda. 

Jarak ini membantu memastikan bahwa mata Anda tidak terlalu tegang dalam memfokuskan objek yang terlalu dekat atau terlalu jauh. 

Selain itu, bagian atas layar sebaiknya sejajar dengan mata atau sedikit di bawahnya, sehingga Anda melihat layar dengan sedikit menurunkan pandangan. 

Posisi ini membantu menjaga mata tetap rileks dan mengurangi risiko kelelahan mata yang sering terjadi akibat penggunaan komputer atau perangkat gadget lainnya dalam waktu lama.

2. Terapkan Aturan 20-20-20

Aturan 20-20-20 adalah metode yang direkomendasikan untuk mengurangi ketegangan mata akibat penggunaan perangkat digital yang berkepanjangan. 

Anda bisa menerapkan aturan ini dengan cara, setiap 20 menit Anda bekerja, coba alihkan pandangan untuk melihat obyek yang berjarak 20 kaki atau sekitar 5-6 meter dari posisi Anda berada. Lihat obyek tersebut selama 20 detik.

Menerapkan aturan ini bisa membantu otot mata rileks setelah bekerja keras mempertahankan fokus pada jarak dekat dalam waktu lama. 

Selain membantu mengurangi ketegangan mata, aturan 20-20-20 juga mendorong kebiasaan berkedip yang lebih sering, yang dapat membantu menjaga kelembapan mata. Sebab, kebanyakan orang cenderung berkedip lebih sedikit saat fokus pada layar, yang dapat menyebabkan mata kering dan iritasi. 

Dengan menerapkan aturan ini secara teratur, Anda tidak hanya melindungi kesehatan mata tetapi juga meningkatkan kenyamanan dan produktivitas selama bekerja. 

3. Mengatur Pencahayaan

Pencahayaan yang Anda gunakan saat bekerja atau belajar memberi pengaruh besar bagi kesehatan mata. Untuk itu, pastikan ruangan memiliki pencahayaan yang cukup dan tidak menyilaukan. 

Pencahayaan yang terlalu terang atau terlalu redup dapat membuat mata bekerja lebih keras, dan akhirnya menyebabkan kelelahan mata.

Idealnya, pencahayaan ruangan harus sekitar setengah terang dari pencahayaan kantor standar. Jika memungkinkan, gunakan pencahayaan alami dari jendela, namun pastikan cahaya tersebut tidak langsung mengenai layar komputer.

Cara lain yang juga bisa Anda terapkan:

  • Gunakan filter anti-glare yang dipasang pada layar komputer untuk mengurangi pantulan cahaya. 
  • Atur posisi layar agar tidak terkena cahaya langsung dari jendela atau lampu. 
  • Menyesuaikan kecerahan dan kontras layar komputer atau gadget. 

4. Menggunakan Kacamata atau Lensa Digital

Menggunakan kacamata dengan lensa khusus untuk penggunaan digital dapat membantu Anda saat bekerja di depan layar komputer atau perangkat digital lainnya.

Salah satu contoh produk yang dapat digunakan untuk tujuan ini adalah Zeiss Digital Lenses. Lensa ini dirancang khusus untuk pengguna yang sering berpindah antara melihat objek jarak dekat, seperti layar komputer dan ponsel, dan objek jarak jauh.

Manfaat menggunakan lensa digital, antara lain:

  • Mengurangi paparan cahaya biru yang dipancarkan oleh layar digital, yang dikenal dapat menyebabkan ketegangan mata, gangguan tidur, dan bahkan masalah kesehatan mata jangka panjang.
  • Lensa ini meningkatkan kontras dan mengurangi silau, sehingga membuat mata lebih nyaman dan mengurangi kelelahan visual.
  • Biasanya sudah dilengkapi dengan lapisan anti-refleksi untuk lebih mengurangi pantulan cahaya dari layar dan sumber cahaya lainnya.
  • Membantu mata beradaptasi lebih mudah dan cepat terhadap perubahan fokus, sehingga mengurangi ketegangan mata. 

5. Mengedipkan Mata Secara Teratur

Ketika Anda fokus pada layar komputer, ponsel, atau tablet, frekuensi kedipan mata yang Anda lakukan cenderung berkurang secara signifikan. 

Normalnya, manusia mengedipkan mata sekitar 15-20 kali per menit, tetapi saat menggunakan layar, jumlah kedipan bisa turun menjadi hanya 5-7 kali per menit.

Padahal mengedipkan mata itu penting lho untuk menyebarkan air mata secara merata di permukaan mata, menjaga mata tetap lembab dan membersihkan partikel debu atau kotoran yang mungkin masuk.

Nah, kalau Anda termasuk orang yang sering berada di depan layar, ingatkan diri Anda untuk lebih banyak berkedip ya.

6. Periksa Kualitas Udara

Kualitas udara di sekitar atau di dalam ruangan tempat Anda bekerja juga punya pengaruh yang besar bagi kesehatan mata.

Udara yang kering, berpolusi, menggunakan kipas angin maupun AC, ternyata bisa menyebabkan ketegangan dan iritasi pada mata. 

Solusi untuk mengatasi hal tersebut, misalnya:

  • Gunakan Humidifier untuk meningkatkan kelembapan udara dapat membantu mencegah mata kering dan iritasi.
  • Kurangi intensitas penggunaan AC agar udara di dalam ruangan tidak terlalu kering.
  • Jika memungkinkan, coba atur lokasi kerja yang berganti-ganti dan memiliki kualitas udara yang baik demi menjaga kesehatan mata.

7. Pemeriksaan Mata Rutin

Pemeriksaan mata secara berkala juga perlu Anda lakukan jika ingin memiliki mata yang lebih sehat. Selain itu Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mata untuk mendapatkan saran yang tepat mengenai penggunaan perangkat digital. 

Pemeriksaan rutin dapat membantu mendeteksi masalah mata sejak dini dan mencegah komplikasi yang lebih serius di kemudian hari .
Menjaga kesehatan mata di era digital adalah investasi jangka panjang yang penting. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengurangi risiko Digital Eye Strain dan menjaga kesehatan mata Anda.